Cara Merawat dan Mengoptimalkan Kinerja Harddisk

2014, adalah tahun dimana perkembangan Teknologi Informasi begitu pesat. Berbagai macam Hardware dan Software, yg mungkin kita tidak lagi bisa mencicipi perkembangan dari setiap harinya. Begitupun dari sisi ekonomi, pastinya kalangan menengah kebawah tidak bisa menjangkau seluruh perkembangan dari Teknologi Informasi.

Perkembangan teknologi memang sangat menggiurkan, pastinya orang-orang akan berlomba memanfaatkannya. Namun dari perkembangannya yg begitu pesat, pasti juga memiliki kelemahan. Berbagai merek teknologi yg saling berlomba-lomba memamerkan, dan memasarkan produknya. Seakan merek yg mereka tawarkan tidak memiliki kelemahan satupun. 

Harddisk yg notabene hardware yg wajib dari PC / Laptop, pastinya juga sudah berkembang pesat. Terakhir yg saya ketahui dari perkembangan harddisk adalah tipe Sata 3.5. Walaupun saya tidak update atas perangkatnya, namun Alhamdulillah saya masih sempat mengikuti berita perkembangannya. Karena berdasar pengalaman dan informasi tentang teknologi harddisk ini, maka saya membuat postingan yg akan membahas Cara Merawat dan Mengoptimalkan Kinerja Harddisk

Oke lansung saja berikut caranya :
  • Mengupayakan Penginstalan / Pemformatan Seminimum Mungkin
Masih banyak orang yg lebih suka menginstal OS nya ataupun melakukan format ulang. Tetapi tidak mengaetahui efek dari hal tersebut dapat meningkatkan Bad Sector pada harddisk anda.
Perkembangan virus saat ini juga begitu pesat, sehingga apabila virus tersebut tidak terdeteksi atau terhapus sekian lama pada harddisk anda akan dapat merusak file system harddisk anda.
  • Melakukan Defrag / Defragmen minimal 6 bulan sekali
Defragment adalah satu cara mengembalikan, membersihkan dan menata ulang file system anda. Serta mampu melakukan pengurangan Bad Sector sedikit demi sedikit. Bisa menggunakan software khusus, ataupun fasilitas default dari sistem operasi.
  • Memasang Utility Tools
Memasang Utility Tools juga sangat bermanfaat, karena dapat dipergunakan setiap hari. Yg dapat membersihkan file-file yg bermasalah pada harddisk anda. Saya sarankan menggunakan CCleaner. Dan apabila kondisi hardisk memang sangat darurat, misal sudah sangat lambat. Maka Hiren Boot CD solusinya, berbagai jenis tools didalamnya yg dapat anda explore.
  • Memperhatikan Suhu Komputer
Suhu komputer yg dingin pastinya sangat mendukung kinerja harddisk anda, karena apabila suhu komputer begitu panas maka otomatis harddisk anda juga akan mengalaminya. Jadi perlu memasang alat pendingin, misal fan / kipas. Dan bagi pengguna PC, saya sarankan menggunakan fan khusus harddisk.

Silahkan Support Situs Ini Jika Berkenaan ;)

Ditulis Oleh : Unknown // Thursday, June 05, 2014
Kategori:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

Traffic Site

Back to top
Copyright © 2014 Tobaccos Area